Press "Enter" to skip to content

Jangan Asal, Cara Menentukan Nama Domain untuk Website.

0

Cara Menentukan Nama Domain

Untuk menentukan Nama Domain biasanya akan menjadi salah satu hal yang sulit juga. Karena nama domain adalah nama yang menggambarkan identitas website mu dan secara tidak langsung mengarah ke bisnis yang sedang kamu jalani.

Untuk itu kami berbagi Tips cara menentukan nama Domain yang tepat sebelum kamu membelinya. Simak penjelasan kami berikut ya

Mudah Di ingat

Untuk menentukan nama domain yang pertama kali dilakukan pastikan nama domain yang akan kita gunakan nanti mudah di ingat. Cara untuk menentukan nama domain yang mudah di ingat yaitu Nama domain harus singkat (Tidak terlalu panjang). Walaupun sebenarnya untuk panjang nama Domain tidak ada aturan khusus, namun nama yang pendek tentunya akan mudah di ingat.

Nama Domain Mudah di ketik

Untuk menentukan supaya nama Domain mudah diketik,kami ada beberapa tips nih,silahkan simak penjelasan kami ya :

Nama Domain tidak terlalu panjang

Sebenarnya tidak ada aturan khusus untuk panjang pendek domain yang ingin digunakan.Namun disarankan untuk menggunakan nama domain yang pendek. Secara tidak langsung Domain yang pendek akan mudah di ingat dan untuk menghindari kesalahan penulisan atau pengejaan.

Hindari penggunaan angka dan tanda baca

Berikutnya Hindari penggunaan angka maupun tanda baca untuk Nama Domain. Hal ini perlu dilakukan agar orang yang ingin mengaksesnya tidak keliru atau salah dalam penulisan. Misal www.rahmandigroup-96.com dan lainnya

Penulisan ejaan yang baku

Menggunakan ejaan yang baku. Hindari untuk menggunakan ejaan yang lama. Contoh www.yoedi.com bisa diganti dengan www.yudi.com dan yang lainnya.

Gunakan Nama Brand Untuk Domain

Penentuan Nama Domain juga harus sesuai sesuai dengan Nama Brand yang sedang kamu, Kenapa harus sesuai dengan nama brand ? karena Nama Domain juga harus menggambarkan Bisnis atau usaha apa yang sedang kamu jalakan. Contoh www.rahmandisport.com atau www. rahmandifashion.com, maka orang-orang akan mengetahui bahwa web tersebut digunakan untuk sport dan fashion.

Gunakan Nama Daerah

Hal ini bisa kamu lakukan jika memang binis atau usahamu hanya beroperasi atau melayani daerah tertentu saja. Tujuannya agar target pasar lebih tertarget lagi. Contoh www.bosbuahjakarta.com

Gunakan ekstensi yang tepat

Berikutnya pemilihan ekstensi yang tepat, apakah website kamu digunakan untuk Bisnis, Organisasi, pendidikan dan sebagainya. beberapa ekstensi Domain yang populer saat ini :

  1. .com – Ekstensi Domain yang satu ini adalah alah satu domain yang paling populer saat ini. Domain ini biasanya digunakan untuk website comersial ataupun komunitas
  2. .net – Ekstensi Domain ini biasanya digunakan untuk situs web yang membahas terkait masalah internet. Seperti jaringan internet, infrastruktur internet hal lainnya.
  3. org – Ekstensi Domain ini biasanya digunakan untuk website yang bersifat organisasi atau lembaga dan bisanya website yang dibuat menggunakan .org ini tidak digunakan untuk tujuan mendapatkan provit.
  4. .info – Ekstensi Domain ini biasnya digunakan untuk website yang bersifat informatif
  5. me – Ekstensi Domain ini biasanya digunakan untuk kebutuhan website pribadi atau blog, resume atau cv.
  6. biz – Ekstensi Domain ini sendiri sering digunakan untuk keperluan bisnis seperti website e-commerce

Selain itu tentunya ada domain yang menggambarkan Dari suatu Negara. Contohnya jika di Indonesia maka Domain .id adalah Domain yang menggambarkan bawah website tersebut berasal dari indonenesia. Contoh beberapa domain .id :

  1. ac.id – Ekstensi ini biasanya digunakan untuk website Universitas atau Institut perguruan Tinggi
  2. sch.id – Ekstensi Domain yang satu ini biasanya digunakan untuk website sekolahan, baik itu SD,SMP,SMA,SMK,MTS dan yang lainnya.
  3. co.id – Ekstensi Domain ini bisa digunakan untuk UMKM, E-commerce atau lembaga hukum lainnya
  4. ponpes.id – Ekstensi Domain ini biasanya digunakan untuk website pondok pesantren
  5. or.id – Ekstensi Domain website ini biasanya digunakan untuk website komunitas atau organisasi.
  6. Nama Domain harus relevan terus jangka panjang

Sebelum membeli Domain sebaiknya kamu harus memikirkan Nama Domain yang relevan dalam jangka waktu yang panjang, kerelevanan ini tentunya berhubungan dengan bisnis yang di jalankan saat ini. Contoh jika saat ini kamu berjualan hijab mungkin bisa memilih nama Domain www.jualhijab.com Namun jika kedepannya kamu ingin mengembangkan bisnis kamu ke pakaian muslim lainnya. mungkin bisa memilih nama Domain yang lebih relevan, misalnya www.jualfsashionmuslim.com dan lainnya.

Baca Juga: Niagahoster Hosting Terbaik di Indonesia, Cepat dan Berkualitas Tinggi.

Cek nama domain apakah masih tersedia

Setelah menentukan Nama Domain dan ekstensi yang akan digunakan, selanjutnya kamu bisa mengecek apakah Domain Tersebut masih tersedia atau sudah digunakan oleh website lain.Jika Nama Domain sudah tidak tersedia maka Kamu harus mencari Nama Domain lain yang masih Tersedia, bisa cek ke website niagahoster lalu pilih menu domain.

Cara Menentukan Nama Domain

Beli ekstensi sekaligus

Tips yang terakhir ini bisa kamu lakukan jika anggaran untuk pembuatan websitemu mencukupi. Kamu bisa membeli beberapa ekstensi domain untuk satu Nama Domain Kamu.

Hal ini kita lakukan untuk menghindari dari hal-hal yang tidak di inginkan. Dimana orang lain bisa saja membeli Nama Domain mu dengan ekstensi yang berbeda, dan jika website tersebut dilakukan untuk hal yang buruk maka bisa saja website mu akan terkena imbasnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Shares
Share
Tweet
Share
Pin